Jumat, 14 September 2007

Overclock


MENG – OVERCLOCK VGA CARD

Meningkatkan kinerja kartu grafis agar tampilan gambar semakin ampuh. Meng-overclock kartu (card) VGA lebih gampang dibanding meng-overclock CPU (central processing unit) atau prosesor. Anda tak perlu membuka casing PC untuk melakukannya. Biasanya para vendor VGA menyediakan opsi tweak pada driver VGA atau overclocking tool yang bisa di-download dari situs mereka di internet. Apabila driver kartu VGA PC Anda tidak menyediakan tweak tool dan di situs vendornya tidak ada overclocking tool, masih ada cara lain, yaitu dengan menggunakan software gratisan yang ada di internet. Salah satu software yang bisa dipakai adalah Powerstrip.

LANGKAH 1
Bukalah browser internet Anda dan ketikkan www.entechtaiwan.com, maka akan terbuka halaman web. Carilah bagian Download. Di situ terdapat tiga jenis file Powerstrip 3.30 yang bisa di-download, pilih English Shareware yang ukurannya 648 KB. Setelah itu, tentukan lokasi penyimpanan installer file Powerstrip di hard disk drive Anda. Proses download akan berjalan, dan seselesainya, lakukan instalasi program.

LANGKAH 2
Setelah proses instalasi dan setup selesai, akan muncul ikon Powerstrip pada Windows Taskbar, tepatnya di system tray. Klik kanan ikon tersebut sehingga muncul menu pop-up. Informasi mengenai hardware dapat Anda buka dengan mengeklik [Options]. Lalu bukalah [Display profiles] [Configure], pada boks Display profiles akan terdapat beberapa pengaturan warna, resolusi, dan refresh rate. Aturlah warna dengan mengeklik menu drop-down pada Color Depth, tingkatkan resolusi dengan menggeser slider. Refresh rate monitor bisa pula ditingkatkan dengan mengeklik menu drop-down dan memilih [standard discrete timing], lalu geser slider. Usahakan pengubahan refresh rate tidak melebihi kapasitas maksimal monitor. Setelahnya, klik [Apply] untuk melihat pengubahan, dan klik [OK].

LANGKAH 3
Pada boks Powerstrip, klik [Performance profiles] [Configure], dan akan terbuka boks baru. Di sini terdapat slider Memory clock dan Engine clock. Klik kanan mouse pada tiap-tiap slider maka akan muncul informasi mengenai clock ini. Engine clock adalah prosesor pada kartu grafis, sedangkan memory clock adalah kecepatan yang diberikan memori untuk mendukung kinerja prosesor kartu grafis.

LANGKAH 4
Tingkatkan memory clock terlebih dahulu sebelum Anda mengubah engine clock-nya. Misalnya, geser slider untuk meningkatkan memori sebesar 2 MHz lalu klik [Apply]. Maka akan muncul boks peringatan berupa hitungan waktu selama 10 detik. Tekan [OK] apabila Anda memilih setelan yang baru, atau tetap memakai setelan memory clock default dengan menekan [No]. Apabila memilih [No], maka monitor akan hitam (flicker) selama beberapa detik, dan kembali normal kembali. Boks ini sangat fungsional, karena bila layar mengalami error maka recovery akan berjalan.

LANGKAH 5
Selanjutnya cobalah untuk meningkatkan kecepatan memory clock secara bertahap sebesar 2 MHz, klik [Apply] dan [OK], dan lihatlah perubahan yang terjadi pada layar. Begitu seterusnya. Apabila gambar di layar mengalami pecah dan muncul titik-titik yang menyebabkan gambar desktop tidak mulus, maka turunkan kecepatan memory clock sampai tidak muncul lagi problem ini.

LANGKAH 6
Cobalah untuk meningkatkan kecepatan memori sampai batas tidak lebih dari 20 persen dari posisi memory clock awal. Misalnya saja memori awal 160 MHz, maka tingkatkan hingga batas maksimal 192 MHz. Memang sebaiknya di bawah angka itu, dan jalankan sistem PC selama beberapa hari. Apabila tidak ada masalah berarti, Anda bisa meningkatkan lagi kecepatan memorinya.

LANGKAH 7
Mengubah engine clock sebenarnya tidak meningkatkan performa layar, namun dengan meningkatkannya pula, maka kestabilan kartu grafis bisa dijaga. Ketika kecepatan memory clock ditambah, maka engine clock juga harus ditingkatkan. Cobalah untuk menaikkan sebesar 5 MHz. Lihatlah terlebih dahulu angka imbang antara kecepatan engine clock dengan memory clock. Jangan menaikkan engine clock secara drastis, karena akan memperburuk kinerja kartu grafis.

LANGKAH 8
Klik [Color profile] [Configure] untuk membuka boks pengaturan warna. Anda bisa mengubah sendiri Gamma, Brightness, Contrast, dan Temperature. Selanjutnya klik [Apply] untuk melihat hasilnya, dan klik [OK] untuk mengakhirinya.


LANGKAH 9
Setelah pengaturan selesai semua, lakukan restart PC dan bukalah program benchmark Dacris untuk mengujinya lagi. Anda bisa menguji kecepatan memori, prosesor, hard disk, 2D video, CD/DVD, internet, printer, dan network.

Sumber:www.els.fk.umy.ac.id


Tidak ada komentar: