Rabu, 28 November 2007

Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Nasional


Panduan Pemahaman dan Pengisian Data Dasar Perencanaan Pembangunan

Panduan yang berisi penjelasan mengenai perencanaan, jenis data untuk perencanaan, dan perangkat analisis untuk perencanaan pembangunan daerah di Indonesia. Data yang dimasukkan ke dalam formulir-formulir yang tersedia (pada Lampiran: Tabel Isian) akan dimasukkan ke dalam pangkalan data Simrenas agar dapat diakses oleh para pelaku perencanaan pembangunan, baik di daerah maupun pusat. Dengan mengacu pada Panduan ini, diharapkan daerah dapat menyusun pangkalan data (database) yang berkualitas baik, lengkap, dan terstruktur. Dengan demikian maka daerah dapat dengan mudah dan cepat melihat peluang investasi dan potensi daerahnya untuk meningkatkan perekonomiannya, yang pada akhirnya akan memberdayakan daerah di era otonomi ini untuk menuju e-government di Indonesia.

Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Nasional

Dengan telah selesainya pembangunan situs simrenas, yang akan mengintegrasikan semua data dari institusi perencanaan di daerah ke dalam satu wadah protal, dalam waktu dekat ini akan dilakukan peluncuran. Dengan adanya Sistem Informasi dan Manajemen Perencanaan Pembangunan Nasional (Simrenas) ini, diharapkan dapat menata berbagai aspek data perencanaan pembangunan secara terintegrasi dan komprehensif, baik dalam hal struktur, jenis maupun format data untuk perencanaan pembangunan.

Berita Terkini

Dalam tahun anggaran 2005 ini akan dilakukan sosialisasi mengenai Buku Panduan Pemahaman dan Pengisian Data Dasar Perencanaan Pembangunan. Buku panduan ini berisi informasi mengenai data dasar yang harus dimiliki oleh institusi perencanaan sebagai dasar untuk melakukan penerncanaan ke depan. Buku ini mempunyai tujuan...

Tidak ada komentar: