Rabu, 05 Desember 2007

Konten e-Learning


Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mendorong perkembangan berbagai bidang kehidupan manusia sebagai salah satu rangkaian peradaban menuju kualitas kehidupan yang lebih baik. Dalam kaitannya dengan Knowledge based Society, salah satu isu yang berkembang adalah pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan melalui e-Learning.

Perkembangan e-Learning sendiri sebenarnya sangat erat kaitannya dengan perkembangan TIK, dimulai dari perkembangan teknologi televisi, komputer hingga teknologi komunikasi data paling cepat saat ini yaitu internet. e-Learning menjadi salah satu bentuk evolusi penyampaian pembelajaran dengan pemanfaatan TIK sebagai komponen utamanya.

Satu hal yang sangat penting dalam perkembangan e-Learning sebagai mana bentuk TIK yang lain adalah konten. Keberadaan suatu sistem tidak akan terasa manfaatnya apabila tidak didukung oleh konten yang baik. Dengan kata lain bahwa konten merupakan bagian dari penentu keberhasilan implementasi e-Learning dalam kaitannya dengan efektifitas dan pencapaian tujuan pembelajaran secara umum.

Konten yang dibutuhkan saat ini adalah konten yang menitikberatkan pada kebutuhan sasaran pembelajaran (user) sebagaimana berlaku dalam industri dimana market demand menjadi tolak ukur. Artinya bagaimana konten tersebut dapat dirasakan memberikan manfaat dan mampu memfasilitasi penyampaian materi sekaligus mampu menumbuhkan ketertarikan dan apresiasi mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang ada melalui cara penyampaian yang lebih kreatif, inovatif dan bernilai tambah sehingga kebutuhan mahasiswa pada perkuliahan tersebut betul-betul dapat dipenuhi dengan baik.

Tidak ada komentar: