Senin, 15 Oktober 2007

FreePascal


FreePascal
Another Free Open Source Pascal Compiler

Halo, ketemu lagi dengan Simba. Kali ini kita akan membahas topik tentang pemrograman.

Temen2 yang pernah atau sedang belajar pemrograman pasti kenal dengan (Borland) Turbo Pascal yang sangat handal sebagai kompiler berbasis bahasa object-Pascal, apalagi yang versi 7. Tapi rekan2 juga pasti tau, kompiler tsb tidaklah free, apalagi open-source, dan adanya hanya buat DOS dan M$ Windows.

Nah, aku pengen memperkenalkan sebuah kompiler yang sama2 berbasis object-Pascal, tapi yang ini (abosolutely) free, open-source, multiplatform support, dan lebih handal daripada Turbo Pascal. Namanya FreePascal.


Lalu, apa aja sih kehandalannya jika dibandingkan dengan Turbo Pascal (7)? Ada banyak sekali kelebihannya, antara lain:

- 32 bit compiler
FreePascal telah menggunakan teknologi 32 bit dalam proses kompilasi dan file executable yang dihasilkannya.

- Multiplatform support
FreePascal tidak hanya untuk M$ Windows, tapi juga tersedia di Linux, FreeBSD, OS2, BeOS, Solaris, dan beberapa sistem operasi lainnya. Dengan demikian, developer cukup "write once, compile and run everywhere". Sama dengan konsep yang digotong ama Kylix.

- Fitur yang lebih banyak
Jika dibandingkan dengan Turbo Pascal, fitur2 yang dimiliki FreePascal jauh lebih banyak. Mulai dari akses ke sistem operasi, networking (TCP/IP), advanced text, graphical interface, hingga database. Mau bikin aplikasi client/server yang terkoneksi dengan mySQL di Linux? Gampang. :)

- Dukungan yang lebih luas
FreePascal pada dasarnya hanyalah kompiler Pascal 32 bit. Tapi karena sifatnya yang open-source, banyak dukungan yang diberikan dari komunitas open-source. Mulai dari class/package, komponen, hingga editor.

- Arsitektur FCL (FreePascal Component Library)
FreePascal adalah compiler Pascal yang bersifat OOP (Object Oriented Programming). Dalam FreePascal hal ini diwujudkan dalam arsitektur FCL. Konsep teknologi ini mengadopsi teknologi VCL (Visual Component Library) dari Delphi, tapi telah dimodifikasi sedemikian rupa khusus untuk FreePascal.

Selain lima keunggulan di atas, aku pengen menambahkan satu lagi kelebihannya. Yaitu kompabilitasnya dengan kompiler2 Pascal lainnya. Dengan Turbo Pascal, kompabilitasnya 99%. Ketidak-kompabilitasnya terletak pada konstanta2 standar yang ada di Turbo Pascal. Hal ini disebabkan FreePascal sifatnya multiplatform support sehingga beberapa konstanta harus disesuaikan kembali.

So, tidak ada alasan lagi untuk mempertahankan penggunaan Turbo Pascal, apalagi yang bajakan. :) Kalo masih ada dosen yang menyuruh pake Turbo Pascal, sebaiknya rekan2 menganjurkan untuk menggunakan FreePascal.

Lebih detil informasinya, kunjungi: www.freepascal.org.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: