Sabtu, 03 November 2007

Merubah Style Linux Dengan Beberapa OS yang lain


Style Mac OSX di Linux

Thursday, October 12th, 2006

Selain style ala Vista dan XP, PCLinux juga menyediakan style ala Mac OSX. Dengan menggunakan style ini Anda akan melihat model menu Docker ala Mac OSX dengan animasinya yang sangat menarik. Pada beberapa versi, style Mac ini sudah aktif secara default. Jika PCLinux Anda belum menampilkan menu Mac OSX, Anda bisa mengaktifkannya melalui menu Start > Applications > Accessories > KSmoothDock.

Di versi yang lebih baru, Anda bisa meletakkan menu Mac OSX ini di posisi bawah, atas, kiri atau kanan desktop. Untuk melakukannya, arahkan mouse Anda diatas menu ini dan kemudian klik kanan tombol mouse. Pilihlah Edit Preferences dan tentukan lokasi yang diinginkan


Style Windows XP di Linux

Thursday, October 12th, 2006

Tidak dapat disangkal lagi, Windows XP adalah sistem operasi yang sangat menarik tampilannya dan oleh sebab itu sangat populer. Bagi Anda yang terbiasa dengan Windows XP Anda dapat membawa suasana XP ke desktop Linux.

PCLinux telah menyediakan style KDE_XP yang akan mengubah tampilan desktop Linux Anda, mulai dari wallpaper, icon, sampai menu Start ke suasana Windows XP. Untuk mengganti style desktop ke XP, Anda cukup mengganti theme desktop melalui menu Start > Configuration > KDE > LooknFeel > Theme Manager. Pilihlah theme KDE_XP pada daftar theme yang ditampilkan. Tunggu beberapa saat dan Anda akan melihat desktop Anda segera terlihat seperti tampilan desktop pada Windows XP.


Style Windows Vista di Linux

Thursday, October 12th, 2006

Ada beberapa aspek di Windows Vista bisa Anda tampilkan di Linux, seperti gadget, aero, menu Vista, dan 3D Desktop. PCLinux menyediakan tool untuk menampilkan gadget, aero dan menu Vista. Untuk 3D Desktop, PCLinux saat ini hanya menyediakan versi demonya (untuk pengguna nVidia).

Gadget / Karamba
Konsep gadget sudah dikenal cukup lama di Linux sebagai Karamba. Gadget atau karamba adalah suatu program kecil yang dijalankan di desktop. Gadget diaktifkan melalui menu Applications > Accessories > SuperKaramba. Jika sudah aktif, SuperKaramba akan muncul di tray pada panel dalam bentuk icon bulat berwarna biru.

PCLinux menyediakan berbagai gadet, seperti Calendar, Aero Clock, Info System, Photo Slideshow. RSS SideBar dan Weather / Info Cuaca. Untuk menampilkan gadget ini di desktop, Anda cukup melakukannya dengan cara mengklik icon SuperKaramba di tray panel. Pilihlah gadget yang tersedia untuk ditampilkan di desktop.

Aero
Aero menonjolkan konsep transparansi. Secara default Anda sudah bisa menikmati konsep ini pada setiap jendela program yang muncul di layar. Anda akan melihat sisi atau border jendela yang tembus pandang dan menampilkan gambar dari background. Efek transparansi ini tetap terlihat sewaktu Anda memindahkan atau menggeser jendela program ke tempat lain. Tampilan gambar background akan mengikuti posisi dimana jendela program diletakkan.

Menu Vista
KBFX menyediakan menu ala Windows Vista. Secara default menu Vista tidak ditampilkan di PCLinux. Anda bisa mengaktifkannya dengan cara mengklik kanan area kosong pada taskbar panel dan kemudian pilihlan Add Applet to Panel. Tariklah scrollbar ke bawah dan pilih KBFX Spinx untuk mengaktifkan menu ala Windows Vista.

Tidak ada komentar: