Selasa, 11 Desember 2007

Honda luncurkan ASIMO generasi kedua


Honda Motor Co., Selasa (13/12), memperkenalkan generasi kedua humanoid robot ASIMO dengan tambahan kemampuan yang membuatnya untuk pertamakali bisa bermanfaat dalam tugas sehari-hari di kehidupan nyata.
ASIMO generasi pertama digunakan sebagai simbol semangat Jepang dan lebih sering menghibur diatas panggung seperti saat berkunjung ke Indonesia bebarapa tahun lalu.

Model terbaru ini bisa berperilaku selarah dengan manusia seperti jalan bersama. ASIMO juga bisa mendorong kereta belanja, bertindak sebagai resepsionis, guide dan melakukan sejumlah tugas lainnya. Dengan menggunakan IC (integrated circuit) tags, ASIMO bahkan bisa mengenali orang.

Langkah pengembangan selanjutnya adalah membangun kecerdasan buatan sehingga ASIMO bisa membuat keputusan berdasarkan kondisi tertentu.

Kemampuan ASIMO sebagai resepsionis dan information guide berkat kemampuannya mendeteksi lingkungan sekitarnya dengan sejumlah sensor yang menyajikan data untuk analisa visual, deteksi permukaan jalan dan suara. Dengan IC tags, ASIMO bisa mengetahui posisi seseorang di tengah kerumunan orang.

Sensor visual yang dikoordinasikan dengan force sensor di pergelangan tangan memungkinkan ASIMO membawa nampan untuk menyajikan minuman. Honda juga menyempurnakan kemampuan bergerak ASIMO, sekarang bisa berjalan dengan kecepatan 6km/jam, setara dengan orang berjalan cepat.

Produksi ASIMO dimulai tahun depan dan untuk pertamakalinya robot akan di leasing

Tidak ada komentar: