Selasa, 11 Desember 2007

Korea Hadirkan Anjing Robot Pengganti Aibo


Setelah Aibo, kini ada anjing robot baru yang bisa dijadikan peliharaan. Sebuah perusahaan dari Korea Selatan telah mengisi kekosongan produksi anjing robot setelah Sony memutuskan untuk menghentikan produksi Aibo.

Anjing buatan DasaTech ini bisa mengenali perintah suara dan bisa berfungsi sebagai anjing penjaga atau pengawas karena dilengkapi sebuah kamera di moncongnya.

DasaTech berencana memasarkan anjing mesin yang diberi nama Genibo ini - kependekan dari genius robot - tahun depan. Meski begitu, pejabat perusahaan Cho Soo-hyun, mengatakan harga Genibo masih belum ditentukan.

Genibo memiliki tinggi sekitar 30 cm dengan berat 1,5 kilogram. ia akan mengerti 100 macam perintah, termasuk "duduk", "berguling", dan "mengibaskan ekor." Menurut pembuatnya, anjing robot ini bisa juga menghindari penghalang di depannya saat berjalan.

Sebelumnya, perusahaan Sony dari Jepang menyatakan akan segera mengakhiri proyek Aibo untuk mengurangi biaya. Sony telah menjual sekitar 150.000 Aibo sejak diperkenalkan tahun 1999.

Robot ini menarik minat banyak penggemarnya di dunia karena lucu dan kemampuannya mengenali suara serta wajah pemiliknya. Beberapa penggemar bahkan memiliki semua seri Aibo yang pernah dikeluarkan, meski setiap robot harganya mencapai 2.000 dollar AS.

Sumber: AP
Penulis: Wsn

Tidak ada komentar: