Selasa, 11 Desember 2007

Varian Baru Aibo


AIBO, robot anjing buatan Sony, akan muncul varian barunya di musim gugur ini. AIBO ESR-7, robot anjing tersebut memiliki warna kulit hitam dan dilengkapi dengan beberapa upgrade software. Demikian diberitakan Extremetech, Rabu (6/10).


Robot seharga 1.899 dollar AS atau lebih mahal 100 dollar AS dibanding model tahun lalu ini dilengkapi software baru senilai 99 dollar AS. Beberapa software yang telah ditanamkan di robot anjing AIBO adalah Mind software yang meliputi kemampuan pengenalan suara, navigasi, dan otonomi. Selain itu, AIBO juga mampu mengenal gambar berkat adanya software Evolutions Robotics.


Pada AIBO model baru, ada penambahan fitur untuk mendeteksi dan memanggil obyek. AIBO mampu mengingat obyek berikut lokasinya. Robot anjing lucu tersebut juga mampu mengenali tembok yang berada di depannya. Ketika berhadapan dengan tembok maka kepala robot akan menoleh ke kiri untuk mencari jalan terbuka.


Software baru yang ditanamkan di chip-nya mampu membuat AIBO kelihatan seperti anjing nyata. AIBO bisa mengenali suara dan membalas ucapan dalam waktu satu detik. Sementara untuk berkomunikasi dengan peranti lain via nirkabel, tersedia AIBO Entertainment Player. Kontrol navigasi yang dimilikinya juga bisa diatur untuk memainkan file MP3 dan Windows Media. Software tersebut bisa mensinkronisaikan jadwal pertemuan di Microsoft Outlook sehingga si robot bisa mengingatkan janji penting pemiliknya.


Pada software AIBO Mind 2 juga ditambahkan mode duduk atau memfungsikan robot sebagai Entertainment Player. AIBO bisa merekam video, suara, dan gambar lewat sensor kamera yang ada. Hasilnya bisa dikirm ke alamat e-mail.

Tidak ada komentar: